Trading Idea – PT. Barito Pacific Tbk. (BRPT – 14 Februari 2018)

BRPT - 14 Feb 2018

Barito Pacific Tbk (BRPT) adalah perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ45 sejak bulan Agustus 2017 lalu. BRPT bergerak pada industri petrokimia. Kegiatan usaha BRPT dikelompokkan menjadi empat segmen yaitu petrokimia, manufaktur kayu, properti, dan perkebunan. Melalui anak perusahaannya, bisnis utama BRPT adalah memproduksi minyak bumi, etilena, propilena, minyak mentah mentah dan minyak esensial Pyrolysis (Py-gas).

Pergerakan saham BRPT telah mengalami tren kenaikan yang cukup panjang sejak awal tahun 2016 lalu. Per tanggal 13 Februari 2018, BRPT diperdagangkan pada rentang harga Rp 2.350 – Rp 2.420 dan ditutup pada harga 2.370. Pada level ini, indikator teknikal yang digunakan menunjukkan tren bullish dimana harga BRPT jauh diatas garis MA200. MA20 dan MA50 juga telah membentuk golden-cross pada awal bulan Februari 2018 yang semakin meyakinkan bahwa BRPT masih berada dalam kondisi uptrend. Pergerakan harga lampau juga telah membentuk bullish trendline yang telah terkonfirmasi dan terbukti cukup kuat untuk menahan koreksi harga pada periode uptrend ini, sehingga bullish trendline ini dapat digunakan sebagai support dinamis. Saat ini, BRPT tengah mengalami koreksi minor dan telah terdiskon sebesar -12,87% sejak all-time high yang dicapai pada tanggal 2 Februari 2018 lalu. Koreksi minor ini telah membawa harga saham BRPT terjun hingga mencapai level yang sangat dekat dengan bullish trendline dan juga level support yang berada pada level Rp 2.300. Pergerakan BRPT pada level ini menarik jika dilihat dari reaksi harga ketika menyentuh bullish trendline dan support ini dimana selama tiga hari berturut-turut harga membentuk pola penolakan atau rejection. Pola ini merupakan indikasi atas potensi pembalikan arah tren dan dapat menjadi indikasi awal berakhirnya fase koreksi yang tengah terjadi.

Berdasarkan analisis teknikal diatas, penulis merekomendasikan BUY untuk saham BRPT pada harga Rp 2.370 dengan level cut loss pada harga Rp 2.280 dan target price pada level resistance yang berada pada level Rp 2.560. Rekomendasi trading ini memberikan potensi resiko sebesar -3,80% dengan potensi return sebesar 8,02%, atau dengan risk-return ratio sebesar 1 banding 2,11.

 

Disclaimer: Analisa teknikal diatas hanya membahas data yang tersedia secara umum. Analisa bersifat kuantitatif dan sangat ringkas, tidak bersifat menyeluruh dan tidak termasuk bahasan makroekonomi, bisnis, sektor, maupun analisa mikro perusahaan. Harga saham selalu fluktuatif sesuai keinginan pasar. Gunakan tulisan ini sebagai bahan edukasi dan diskusi. Segala keputusan investasi adalah tanggungjawab Anda secara pribadi. Penulis tidak memiliki posisi investasi pada saham diatas, dan penulis berencana untuk berinvestasi pada saham diatas.

Tinggalkan komentar