Trading Idea – PT. Elnusa Tbk. (ELSA – 13 Februari 2018)

ELSA - 13 Feb 2018

Elnusa Tbk. (ELSA) merupakan perusahaan minyak dan gas terpadu. Kegiatan dan struktur usaha Perusahaan dikelompokkan menjadi tiga segmen yaitu layanan operasi hulu migas, yang terdiri dari layanan geosains, layanan pengeboran dan layanan ladang minyak; jasa operasi hilir migas, termasuk penyimpanan, distribusi, perdagangan dan pemasaran produk minyak dan gas di Indonesia; layanan dukungan hulu minyak dan gas bumi, termasuk proyek pembuatan casing, fabrikasi, rekayasa, pengadaan dan konstruksi casing, fabrikasi, rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC), pengelolaan data dan dokumentasi minyak dan gas bumi, dan layanan pendukung lainnya.

Pergerakan saham ELSA telah mengalami tren penurunan yang tajam sejak awal tahun 2016 hingga bulan September 2017 lalu. Namun saat ini pergerakan ELSA menunjukkan performa yang cukup positif. Terhitung sejak harga terendahnya pada bulan September 2017 yang berada pada level Rp 228, ELSA telah menorehkan return yang fantastis sebesar 78,07% per 12 Februari 2018 dimana harga ditutup pada level Rp 406. Saat ini terlihat jelas bahwa ELSA berada pada periode uptrend dimana hal ini didukung oleh terbentuknya bullish trendline. Disamping itu, harga saat ini diperdagangkan jauh diatas MA200 yang juga mengkonfirmasi tren bullish. MA20 dan MA50 pun sependapat dengan terbentuknya golden cross sejak bulan September 2017 lalu. Koreksi yang terjadi sejak akhir Januari 2018 hingga saat ini menjadi momentum yang tepat bagi para investor untuk kembali mengikuti uptrend yang sedang berlangsung. Candlestick dengan pola Bullish Engulfing yang terbentuk pada hari kemarin telah mengkonfirmasi adanya potensi reversal, terlebih ketika pola ini terbentuk pada level support kuat yang berada pada level Rp 394 yang juga conjunctioned dengan trendline. Volume pada hari kemarin juga meningkat dimana hal ini menambah probabilitas reversal dikemudian hari.

Berdasarkan analisis teknikal diatas, penulis merekomendasikan BUY untuk saham ELSA pada harga Rp 406 dengan level cut loss pada harga Rp 384 dan target price pada level resistance yang berada pada level Rp 458. Rekomendasi trading ini memberikan potensi resiko sebesar -5,42% dengan potensi return sebesar 12,81%, atau dengan risk-return ratio sebesar 1 banding 2,36.

Disclaimer: Analisa teknikal diatas hanya membahas data yang tersedia secara umum. Analisa bersifat kuantitatif dan sangat ringkas, tidak bersifat menyeluruh dan tidak termasuk bahasan makroekonomi, bisnis, sektor, maupun analisa mikro perusahaan. Harga saham selalu fluktuatif sesuai keinginan pasar. Gunakan tulisan ini sebagai bahan edukasi dan diskusi. Segala keputusan investasi adalah tanggungjawab Anda secara pribadi. Penulis tidak memiliki posisi investasi pada saham diatas, dan penulis berencana untuk berinvestasi pada saham diatas.

Tinggalkan komentar